Kamis, 26 Oktober 2017

Cewek Jablai? No Way!!

…lai-lai-lai-lai-lai-lai, panggil aku si jablai,

abang jarang pulang, aku jarang dibelai…


Dua baris lagu tadi pasti ngingetin kamu ama seseorang. Pastinya bukan Mbok Yem yang jual pecel apalagi sama Mas Bejo yang biasa bersihin kelas kamu, he..he..Yup, siapa lagi kalo bukan Titi Kamal dengan filmnya Mendadak Dangdut. Tapi kali ini kita ga akan ngomongin cewek gandengan Christian Sugiono itu ato film yang dibintanginya. This time, kita mo ngebahas cewek jablai.

Ada aja emang yang namanya istilah, kalo beberapa waktu lalu kita pernah dikenalin ama cewek komersil lewat akting Asti “Juwita” Ananta. Ada juga istilah cewek matre yang sempat jadi judul lagu rap sebuah kelompok rapper yang sekarang ga tau kemana. Terus ada ayam abu-abu, ayam kampus sampe ayam jago (yee… yang terakhir mah asli!). Nah sekarang kita mulai akrab dengan istilah jablai alias jarang dibelai. Emang sih kalo dicari di kamus manapun ga bakalan ketemu, coz ini adalah istilah gaul yang nempel ama seseorang-biasanya cewek-yang mencari belaian cowok.

Dilihat dari istilah, cewek jablai emang kedengeran baru. Tapi kalo tau sepak terjangnya, kayaknya setali tiga uang ama “stempel-stempel” pendahulunya. Intinya cuman uang dan kesenangan. Barangkali nama baru sengaja dimunculkan untuk menutupi “jejak” biar yang kuper ga tau maksudnya. Ato biar ga terlalu panas di telinga, yang salah-salah bisa berakhir jadi sebuah permakluman (kan jarang dibelai, boleh kan?), naudzubillah. Konon, banyak faktor yang membentuk generasi kartini model satu ini. Salah satunya adalah gaya hidup. Di dunia kapitalis seperti sekarang ini, kayaknya orang miskin ga akan pernah jadi perhitungan apalagi bakalan masuk nominasi Indonesia Movie Award, (maksa ya!!). Bagi yang merasa “miskin”, segala cara dilakoni biar label itu lepas dari dirinya. Jadi cewek jablai bukan ga mungkin menjadi opsi pertama, kerja sebentar, uang banyak.

Pergaulan adalah faktor kedua yang punya pengaruh besar buat mencetak seseorang sebagai cewek jablai. Believe it or not, gimana kita, sangat bisa dinilai dari siapa temen kita. Kalo mo ikutan wangi mesti gaul ama tukang minyak wangi. Tapi kalo saban hari kita nongkrong di bakul terasi, jangan harap bakal jadi wangi (wangi terasi sih iya, he…he…). Artinya, kita mesti bener-bener selektif pilih orang yang bakalan nemenin aktivitas kita sehari-hari, jangan asal comot! Kalo kita temenan ama orang yang cuman ngeliat kita dari kekayaan, sementara kita ga “selevel”, dijamin deh cuman bikin panas kuping. Pasti risih banget kalo ndengerin temennya bilang “hari gini ga punya handphone???”. Kalo kita termasuk orka alias orang kaya sih ga masalah, tapi kalo idup serba pas-pasan, (pas buat beli mobil, laptop, handphone, ups…bukan itu!) akhirnya buat ngejar gengsi sekaligus mensejajarkan diri di tengah-tengah pergaulan semua jadi “halal”, termasuk jadi cewek jablai.

Alasan ekonomi, kadang jadi kedok, padahal itu cuman alasan klise yang dicari-cari untuk membenarkan perilaku mereka. Soalnya kebanyakan cewek jablai sebenernya bukan potongan miskin, ato punya kewajiban menafkahi di tengah-tengah keluarga. Tapi dia sengaja menjadi jablai just for fun. Kalopun dia bener-bener miskin, terpaksa nglakuin itu karena ga ada kerjaan lain, sebenarnya dalih itu juga nonsens dan cuman berlaku buat mereka yang udah jebol imannya (duh, segitunya). Pastinya media dan juga sistem yang ada punya andil besar mempopulerkan jablai, satu istilah yang ga pernah dikenal tapi jadi akrab dan menjadi pilihan dengan berbagai alasan.

Sebagai muslimah kamu-kamu mesti bisa jaga diri. Jangan cuman karena bisikan teman, iklan di tipi, ato sepintas ngeliat gaya hidup jetzet kita lantas rela nglepasin kehormatan kita. Islam sangat mewajibkan muslimah untuk menjaga kehormatan dirinya. Sebagaimana Alloh swt berfirman, “Katakanlah kepada wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya.”(QS. An-Nur : 31).

Kalo satu-satunya mahkota kita udah terenggut, apalagi yang kita punya? Cuman cewek yang kehilangan akal dan imannya aja yang bakal menodai dirinya sendiri. Emang sih dengan jadi cewek jablai, kesenangan dan kenikmatan bisa gampang mampir dalam kehidupan kita. Dapet duit, baju-baju bermerk, handphone terbaru dan makan enak. Tapi tau ga sih, kalo semua itu semu, cuman bisa nambah daftar dosa plus menjauhkan kita dari kenikmatan surga yang jauh lebih indah dan tiada bandingannya. Karena jelas banget dalam QS. Al-Isra : 32 disebutkan, “Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk”.

Gals, selama nafas masih berhembus dan jantung masih berdetak, belum terlambat untuk mulai memperbaiki atau menjauhkan diri dari aktivitas cewek jablai. Kita mesti ingat kalo dunia ini cuman persinggahan, tempat buat mencari bekal di hari akhir nan abadi nanti. Membentengi diri dengan iman adalah langkah awal untuk itu semua. Pastinya banyak-banyak mengkaji Islam bakalan jadi jurus ampuh untuk semakin mengokohkannya. Selain itu, kumpul bareng orang-orang yang sholihah sebagaimana nasihat Bang Opick, dijamin bikin idup kita lurus mengikuti jalanNya sekaligus adem biar ga tinggal di rumah yang ber-AC. So, cewek jablai, no way!(sh)
Previous Post
Next Post

0 komentar: