Kamis, 26 Oktober 2017

Diet dan Ngemil, Cewek Banget?

“Duh, gawat-gawat, beratku nambah tiga kilo!” teriak Wulan ketika mendapati jarum timbangan badan miliknya bergeser tiga garis dari posisi idealnya. Barangkali itu juga ekspresi kamu-kamu semua begitu tau kalo berat badanmu naik. Apalagi kemaren pas lebaran, kamu dengan sukses melampiaskan “dendam” yang udah ditahan selama satu bulan. Mulailah kamu menyalahkan diri sendiri dan berandai-andai. Kalo saja aku ga makan brownies kiriman tante, ketupat buatan bunda plus gulainya, kripik satu toples, kastengel, nastar, kue coklat, dan …... pasti ini ga bakalan terjadi, nangis-nangis deh (hiks..hiks..hiks..). Tapi semua udah terjadi, kamu menganggap tambahan lemak itu aib dan sama sekali ga pantas nempel di tubuh kamu. Dalam benak kamu cuman ada satu kata, makan! (ups…sama juga bo’ong) maksudnya diet!

Diet kayaknya udah jadi aturan “wajib” buat kaum hawa. Maklum, tubuh langsing dengan berat badan ideal sampai sekarang masih menjadi dambaan seorang cewek. Katanya sih, enak diliat, gampang pilih baju, nambah pede n makin cantik (ciye…). Apalagi imej yang populer lewat tv, para seleb dan model-model ternama menunjukkan kalo cewek cakep pasti langsing. Hal ini juga didukung maraknya promo produk-produk pelangsing yang bikin para cewek semakin antusias berdiet ria. Mungkin kalo sekedar rajin olah raga dan ngatur pola makan aja sih, sah-sah aja, bagus malah. Sayangnya, ga sedikit cewek yang harus berakhir di rumah sakit gara-gara diet yang kelewat ketat. Ga percaya? Sebut aja Callista Flockhart pemeran Ally Mcbeal, Gery Halliwell, dan Lady Diana. Karena saking pengennya kurus, mereka sampe menderita weight phobia alias takut pada kenaikan berat dan berusaha menghilangkan nafsu makan mereka. Alhasil, tanpa sadar tubuh mereka kelewat kurus, dan ujung-ujungnya sakit deh.

Sebagai remaja putri, kamu-kamu pasti juga doyan ngemil. Mulai dari snack kayak krupuk sampe yang berkadar gula tinggi macam si item manis black forest (mmm…nyam). Konon kebiasaan ngemil ini identik sama cewek, meski bukan berarti kaum adam ga mau lho. Tapi, coba deh liat sekitar kita, cemilan hampir selalu menemani berbagai aktivitas para remaji. Mulai dari nonton tv, baca Imud, ngerumpi, sampe belajar, kayaknya ga lengkap tanpa cemilan di samping kita. Biasanya kebiasaan ngemil ini akan kamu hilangkan sama sekali ketika program diet udah disusun rapi. Jangankan ngemil, makan tiga kali sehari aja bisa jadi juga kamu kurangi, semata-mata demi predikat ideal dan cantik. Padahal tau ga sih, ga selamanya ngemil itu “haram” buat kamu yang diet dan ga mesti juga kalo dengan diet kamu bakalan cantik (lho kok??)

Gals, ngemil itu boleh-boleh aja. Soalnya keinginan ngemil itu timbul dari adanya kebutuhan jasmani (hajatul udlwiyah) pada setiap manusia tanpa terkecuali. Kalo perut udah mulai ngerock abiez (ga sekedar keroncongan), muncullah rasa lapar yang menuntut kita tuk segera makan. Karena Rasulullah bersabda, “Dan dalam tubuhmu terdapat hak-hak yang harus dipenuhi”, jadi kita ga boleh dzalim pada tubuh kita dengan sok cuek pada “panggilan” itu. Biar laper itu terpenuhi, kita boleh makan apa saja asalkan halal, thayib dan mengenyangkan. Smua itu bisa kita dapet dari makanan berat maupun makanan ringan. Masalahnya, emang sih ngemil sering dituduh sebagai biang kegemukan. Itu bisa terjadi kalo kita ngemilnya kurang cerdas. Seperti memilih cemilan yang berkalori tinggi, kaya lemak, dilakukan pas mo tidur atau disantap sebanyak satu bakul (wah, itu sih bukan ngemil, tapi kelaperan). Padahal ngemil nggak selamanya menggemukkan, malahan menyehatkan. Coz ngemil sebenernya dapat mempertahankan kestabilan gula darah asal pilihan jenis dan porsi cemilannya pas.

Gini ceritanya, empat sampai lima jam setelah makan utama, jumlah gula yang beredar dalam darah menipis, sementara hati ga bisa memasok gula lagi karena stok karbohidrat yang mo diubah jadi gula darah udah terkuras abis akibat beraktivitas seharian. Nah, pada saat itulah kamu merasakan lapar. Kadang kamu memilih ga makan dulu dengan alasan belon waktunya ato ga sesuai jadwal diet kamu. Akibatnya tenaga menurun, pikiran susah konsentrasi, gelisah, keluar keringat dingin, bahkan bisa-bisa kamu pingsan. Makanya kamu sebaiknya ngemil untuk mengembalikan kadar normal gula darah dan biar kamu ga terlalu “rakus” waktu makan utama karena sebelumnya perutmu udah sedikit terisi. Btw, jangan pilih snack yang isinya angin doang (iklan nih!), pilih cemilan yang rendah kalori, mengenyangkan dan banyak air seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Apel, semangka, mangga, ato jambu bisa jadi pilihan. Tapi buat kamu yang merasa “gemuk” dan kayaknya sulit buat nurunin berat badan dengan program diet, enjoy aja lagi. Kecantikan ga cuman fisik non, ga bisa diukur dengan centimeter ato satuan kilogram. Karena kecantikan sejati adalah inner beauty yang muncul dari kepribadian kamu. Terlebih lagi Alloh swt berfirman “ Sesungguhnya orang yang paling mulia diantaramu di sisi Alloh ialah orang yang paling bertakwa” (QS. Al-Hujurat: 13). Non, gendut itu bukan dosa ato aib yang akan dihisab Alloh pada Hari Akhir kelak. Boleh-boleh aja kalo kita pengen punya berat badan idel biar gampang mobile, tapi kita seharusnya lebih panik klo belum termasuk orang yang bertakwa. So, daripada repot-repot ngorbanin diri sendiri yang jatuhnya malah bersikap dzalim, mendingan kita rame-rame moles kepribadian kita menjadi Islami, OK!
Previous Post
Next Post

0 komentar: